MERANCANG MEDIA PROMOSI WISATA YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

Training Syllabus:

MERANCANG MEDIA PROMOSI WISATA YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

 

PENDAHULUAN:

Promosi tempat wisata dibutuhkan oleh daerah-daerah yang memiliki banyak potensi di tanah air. Upaya ini sangat penting dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah di Indonesia. Namun untuk mempromosikannya, tidak semuda serupa kegiatan yang dilakukan untuk produk perusahaan. Disamping karakternya yang berbeda, tempat wisata perlu dipromosikan dengan strategi promosi yang efektif dan efisien. Tujuan promosi pariwisata ini harus dirumuskan dengan jelas dalam rencana dan cetak biru pengembangan perekonomian daerah, sehingga menjadi barometer untuk pelaksanaan program promosi itu sendiri, sekaligus sebagai rujukan untuk kegiatan-kegiatan terkait. Promosi wisata yang dirancang dengan baik akan memberikan tambahan penerimaan asli daerah, dan mendorong proses multiplier perkembangan ekonomi lokalitas di sekitar daerah tujuan wisata.

SASARAN TRAINING:

Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan dapat memahami promosi pariwisata dan menjadikan tempat wisata sebagai tujuan yang menarik, memantapkan citra wisata daerah, mengkomunikasikan produk-produk pariwisata, dan meningkatkan komunikasi dan hubungan yang baik dengan pihak-pihak terkait.

 

OBJEKTIF TRAINING:

  • Peserta dapat memahami teknik-teknik promosi pariwisata
  • Peserta dapat merancang strategi komunikasi yang efektif
  • Peserta dapat mengimplementasikan strategi melalui media komunikasi yang efektif dan efisien.

CAKUPAN MATERI TRAINING:

  • Mengidentifikasi potensi pariwisata
  • Mensurvei harapan wisatawan/pengunjung
  • Menetapkan tujuan promosi wisata yang terintegrasi
  • Pengembangan Bauran Promosi (Advertising, Public Relations, Direct Marketing, Sales Promotion, Personal Selling)
  • Kerangka dan Penyusunan Strategi Komunikasi
  • Push Strategy dan Pull Strategy
  • Mendesain pesan promosi yang efektif
  • Creative Communication
  • Perencanaan dan Pemilihan media (elektronik, cetak) yang efektif
  • Merancang Marcomm (Marketing Communication) Tools
  • Press Kit
  • Teknik penulisan Advertorial
  • Teknik Penulisan Online
  • Teknik Desain media promosi
  • Teknik Penulisan Caption Foto Publikasi

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:

  • Public Relations
  • CSR bidang Pariwisata
  • Dinas Pariwisata
  • Fasilitator

 

METODE TRAINING:

  • Presentasi
  • Diskusi interaktif
  • Praktik / Simulasi

 

INSTRUCTOR :   Ujang Rusdianto,S.I.Kom, M.IKom. and Team

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 days

 

TRAINING TIME :

  1. 20 Jan 2020-21 Jan 2020
  2. 13 Feb 2020-14 Feb 2020
  3. 12 Mar 2020-13 Mar 2020
  4. 20 Apr 2020-21 Apr 2020
  5. 14 Mei 2020-15 Mei 2020
  6. 11 Jun 2020-12 Jun 2020
  7. 20 Jul 2020-21 Jul 2020
  8. 13 Agust 2020-14 Agust 2020
  9. 21 Sep 2020-22 Sep 2020
  10. 15 Okt 2020-16 Okt 2020
  11. 12 Nop 2020-13 Nop 2020
  12. 21 Des 2020-22 Des 2020

 

 

INVESTMENT/PERSON :

  1. 4.500.000/person (full fare) or
  2. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
  10. Qualified instructor