PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN BAGI KEPENTINGAN UMUM

Silabus Training :

PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN BAGI KEPENTINGAN UMUM

 

PENDAHULUAN :

Pengadaan tanah bagi pembangunan baik untuk kepentingan swasta (dalam rangka Investasi oleh Perusahaan Swasta maupun untuk kepetingan umum (Bangsa dan Negara serta masyarakat banyak) seringkali dihadapkan pada beberapa kendala/hambatan. Salah satu diantaranya terkait persoalan lambatnya pembebasan lahan, khususnya mengenai bentuk dan besarnya ganti kerugian, karena belum tercapai titik temu/kesepataan antara pemegang hak atas tanah (pemilik) dengan Pihak yang memerlukan tanah (Swasta/instansi Pemerintah).

Regulasi dan kebijakan pelaksanaan pengadaan tanah, seiring dengan skala prioritas pembangunan yang ditetapkan oleh Pemerintah, khususnya pembangunan yang bersifat strategis di bidang insfrastruktur telah mengalami perubahan. Terakhir dengan diterbitkannya UU Nomor 2 Tahun 2012 beserta peraturan pelaksanaannya (Perpres Nomor.  71/2012, 40/ 2014, 99/2014; 30/2015. 148/2015.serta Perkaban Nomor 5/2012, 6/2015, 22/2015, dll).

Tahapan pelaksanaan pengadaan tanah yang paling krusial adalah konsultasi publik untuk memperoleh persetujuan (Informed Consent/persetujuan setelah penjelasan/PSP) terkait penetapan lokasi  dan musyawarah untuk pemberian ganti kerugian. Apabila kedua proses tersebut dapat dilalui secara lancar dan mendapatkan kesepakatan oleh masyarakat yang akan terkena lokasi pengadaan tanah maupun masyarakat yang akan terkena  dampak pembangunan, maka kegiatan pengadaan tanah adalah sebuah keniscayaan. 

 

TRAINING MATERIAL OUTLINE :

  1. Problematika PTUP : Filosofi, Asas-asa PTUP
  2. Regulasi dan Kebijakan PTUP terkait dengan TR dan Pertanahan
  3. Regulasi dan Kebijakan PTUP terkait dengan Pendanaan/Pembiayaan dan Aset Pemerintah/ Daerah (BUMN/BUMD)
  4. Penyusunan Dokumen Perencanaan PTUP
  5. Persiapan-Penetapan Lokasi
  6. Aspek Pembiayaan (BOPP, Satgas, Yuridis & Fisik /Pengukuran Bidang Tanah, Penanganan Sengketa/Perkara)
  7. Aspek Penilaian Tanah dan/atau Bangunan serta Tanaman, Bendabenda lain yang dapat dinilai
  8. Penanganan Gugatan
  9. Penetapan Lokasi di PTUN
  10. Inventarisasi dan Identifikasi Obyek GR PTUP serta Konsiyasi GR
  11. Penanganan Keberatan GR di PN
  12. Aspek Pidana dalam Pelaksanaan PTUP
  13. Penanganan Konflik/Sengketa dan Perkara terkait PTUP
  14. Pengurusan Dokumen Hak atas Tanah

 

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

TRAINING DURATION :  3 days

 

TRAINING TIME :

 

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

 

INVESTATION PRICE/PERSON :

  1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
  2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: Blocknote and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor