fbpx

PENGELOLAAN KEAMANAN PANGAN BERBASIS HACCP – SERTIFIKASI BNSP

Training Syllabus:

PENGELOLAAN KEAMANAN PANGAN BERBASIS HACCP – SERTIFIKASI BNSP

PENDAHULUAN

Pelaksanaan program penjaminan keamanan pangan di setiap organisasi rantai pangan perlu dilakukan oleh personel yang kompeten. Saat ini, kebutuhan terhadap personel yang mampu mengelola sistem Hazard Anaysis Critical Control Point (HACCP) terus meningkat seiring dengan terus bertambahnya organisasi rantai pangan, sehingga perlu diselaraskan dengan sistem penjaminan kualitas kinerja personel penyusun dokumen sistem HACCP.

Training HACCP sertifikasi BNSP (Kluster Pengelolaan Keamanan Pangan berbasis Hazard Analysus Critical Control Point, HACCP), dimana ujian kompetensi sertifikasi tersebut akan dilaksanakan melalui LSP JMKP (Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan). Skema sertifikasi ini mengadopsi unit kompetensi dari SKKNI Nomor 618 Tahun 2016.

TUJUAN TRAINING :

  1. Memastikan dan memelihara kompetensi personel yang melaksanakan pengelolaan higiene sanitasi dalam rangka mendukung penerapan keamanan pangan yang efektif di jasa usaha makanan.
  2. Menyediakan acuan pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja klaster pengelolaan higiene sanitasi makanan yang dilaksanakan oleh LSP JMKP.

UNIT KOMPETENSI :

  1. Unit kompetensi yang diujikan mengacu pada SKKNI No. 618 Tahun 2016 tentang penetapan SKKNI Kategori Industri Pengolahan Golongan Pokok Industri Makanan Bidang Keamanan Pangan mencangkup :
  2. Melaksanakan Program dan Prosedur Keamanan Pangan
  3. Mengelola Program Audit/Inspeksi/Asesmen Keamanan Pangan
  4. Melakukan Pelatihan Keamanan Pangan
  5. Memantau Pelaksanaan Program Mutu dan Keamanan Pangan
  6. Mensupervisi Rencana Keamanan Pangan
  7. Melakukan Verifikasi Program Pendukung Keamanan Pangan
  8. Mengembangkan Rencana Keamanan Pangan Berbasis HACCP dan berpartisipas dalam Tim HACCP

PERSYARATAN :

  1. Memiliki Pengalaman sebagai Tim Keamanan Pangan minial 1 (Satu) Tahun
  2. Memiliki pengalaman bekerja di Bidang Jaminan Mutu/Keamanan Pangan minimal 2 (Dua) tahun
  3. Mengikuti Pelatihan keamanan Pangan Berbasis HACCP
  4. CV terbaru (Daftar Riwayat Hidup)
  5. Copy KTP
  6. Copy Ijazah terakhir
  7. Sertifikat lainnya yang relevan sebagai pendukung
  8. Surat keterangan sehat
  9. Surat keterangan dari perusahaan
  10. Pas poto ukuran 3×4 = 4 lembar (background merah)

INSTRUCTOR :    

Trainer-trainer LSP dan praktisi yang memiliki pengalaman dalam bidang K3 baik di dunia Industri maupun akademik

VENUE TRAINING Jakarta

  • Materi teori  dan evaluasi/asesmen dilakukan secara  tatap muka
  • Evaluasi/asesmen dilakukan secara Online

TRAINING DURATION :  3 (Tiga) Hari Training + 1 (Satu) Hari Asesmen

TRAINING TIME : 

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
2 - 5 Januari 20245 - 8 Februari 20244 - 7 Maret 20241 - 4 April 2024
8 - 11 Januari 202412 - 15 Februari 202412 - 15 Maret 202422 - 25 April 2024
15 - 18 Januari 202419 - 22 Februari 202418 - 21 Maret 202429 April – 2 Mei 2024
22 - 25 Januari 202426 - 29 Februari 202425 - 28 Maret 2024 
29 Jan – 1 Feb 2024   
    
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 - 9 Mei 20243 - 6 Juni 20241 - 4 Juli 20245 - 8 Agustus 2024
13 - 16 Mei 202410 - 13 Juni 20248 - 11 Juli 202412 - 15 Agustus 2024
20 - 23 Mei 202419 - 22 Juni 202415 - 18 Juli 202419 - 22 Agustus 2024
27 - 30 Mei 202424 - 27 Juni 202422 - 25 Juli 202426 - 29 Agustus 2024
  29 Juli – 1 Agus 2024 
    
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 - 5 September 20241 - 4 Oktober 20244 - 7 November 20242 - 5 Desember 2024
9 - 12 September 20247 - 10 Oktober 202411 - 14 November 20249 - 12 Desember 2024
16 - 19 September 202414 - 17 Oktober 202418 - 21 November 202416 - 19 Desember 2024
23 - 26 September 202421 - 24 Oktober 202425 - 28 November 2024 
 28 - 31 Oktober 2024  

INVESTMENT PRICE/PERSON : Rp. 8.500.000,-/Person (exclude tax)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module (Softcopy)
  2. Certificate by BNSP & Certificate by PT Mairodi Mandiri Sejahtera
  3. Qualified instructor
  4. Training Kit
  5. Ruang meeting full facilities
  6. 2x coffee break dan 1x lunch