PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH

Silabus Training :
PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH

OVERVIEW :
Untuk setiap kredit yang diberikan tidak menutup keungkinan sebagian akan menjadi kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL). Kredit bermasalah tsb diakibatkan karena faktor external atau internal bank.
Bila tidak segera diselesaikan maka kredit tsb akan sulit tertagih dan akan menjebabkan kerugian bagi bank dan akan mengurangi modalnya. Selanjutnya ekspansi kredit bisa terhambat.
Kebijakan dan prosedur ini akan dipakai sebagai acuan pejabat perkreditan untuk menjalankan fungsinya sebagai unit bisnis, unit risiko dan unit support/ credit operation. Dengan mengikuti ketentuan-ketentuan tsb diharapkan kualitas kredit yang diberikan akan menjadi lebih baik sehingga pendapatan bunga bank akan meningkat
Modul ini memberikan pengetahuan kepada peserta hal-hal untuk mengenali tanda-tanda kredit mulai bermasalah, perlakuannya dan cara penanganannya apakah diselamatkan atau diselesaikan

TRAINING OBJECTIVE :
Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat :
• Mengetahui tanda-tanda kredit bermasalah/ early warning system.
• Memahami sebab terjadinya kredit menjadi bermasalah dan menentukan langkah-langkah penyelesaiannya
• Memahami kriteria–kriteria kredit untuk diselamatkan atau diselesaikan
• Memahami cara penyelamatan kredit misalnya dengan rescheduling, reconditioning dan restructuring (R3) atau dengan penyelesaian kredit misalnya dengan penjualan agunan, lelang dsb
• Memahami pengertian dan proses pelaksanaan hapus buku dan hapus tagih

TRAINING MATERIAL OUTLINE :
a. Pengertian kredit bermasalah dan penyebabnya
b. Kebijakan penanganan kredit bermasalah;
c. Kebijakan penyelamatan kredit bermasalah (rescheduling, reconditioning, restructuring)
d. Kebijakan penyelesaian kredit bermasalah
e. Pengertian dan kebijakan hapus buku dan hapus tagih

WHO SHOUL ATTEND? :
Staff yang menangani kredit bermasalah atau staff bagian lain yang akan ditempatkan di bagian penanganan kredit bermasalah atau masyarakat umum yang berkeinginan untuk mengetahui proses penyusunan kebijakan dan prosedur penanganan kredit bermasalah

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 2 hari

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Januari 20245 – 6 Februari 20244 – 5 Maret 20241 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 202412 – 13 Februari 202412 – 13 Maret 202422 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 202419 – 20 Februari 202418 – 19 Maret 202429 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 202426 – 27 Februari 202425 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 September 20241 – 2 Oktober 20244 – 5 November 20242 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 20247 – 8 Oktober 202411 – 12 November 20249 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 202414 – 15 Oktober 202418 – 19 November 202416 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 202421 – 22 Oktober 202425 – 26 November 202423 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 202430 – 31 Desember 2024

INVESTATION PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified