PENYUSUNAN DAN ANALISA SCORING/ RATING

Silabus Training :
PENYUSUNAN DAN ANALISA SCORING/ RATING

OVERVIEW :
Bank masih mengandalkan bunga kredit sebagai pendapatan utama bank, sehingga dalam memberikan kreditnya dituntut untuk hati-hati dan prudent. Kredit yang diberikan selalu mengandung risiko yang tidak bisa dihilangkan namun dapat diminimalisir. Salah satu cara untuk melakukan pengurangan risiko adalah dengan menggunakan scoring dalam setiap pemberian kreditnya. Scoring ini hanya sebagai alat bantu saja dalam keputusan kredit sedangkan keputusan kreditnya berdasarkan Perangkat Analisa Kredit/ Nota Analisa Kredit berikut lampirannya.
Scoring merupakan model yang digunakan untuk memprediksi tingkat kemungkinan kegagalan pembayaran oleh (calon) debitur atas fasilitas kredit yang diterimanya dan sebagai alat bantu untuk menilai tingkat risiko nasabah.
Scoring ini sudah banyak dipakai oleh industri perbankan di Indonesia dan terbukti dapat mengurangi risiko dan menekan kredit Non Performing Loan (NPL).
Pelatihan ditekankan pada bagaimana cara memahami dan menyusun scoring/ rating secara effektif sehingga peserta dapat memperkirakan risiko kredit yang diusulkan.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
a. Pengertian, manfaat dan tujuan pembuatan scoring/ rating
• Penyusunan initial rating (pembahasan analisa risiko pada aspek manajemen, marketing, keuangan dll)
• Penyusunan Costomer Risk Rating (merupakan hasil initial rating setelah disesuaikan dengan tunggakan pokok dan/ atau bunga)
• Penyusunan Costomer Credit rating (merupakan hasil costomer risk rating setelah disesuaikan dengan besarnya jaminan)
• Pembahasan kaitan hasil scoring dengan kolektibilitas kredit
b. Pembahasan parameter scoring dan analisa risiko untuk :
• Kredit usaha
• Kredit kontraktor
• Standby Loan
c. Proses scoring untuk mengurangi risiko

TRAINING METHOD :
• Dari waktu yang tersedia, sebanyak 40 % digunakan untuk pembahasan materi dan sisanya sebanyak 60% digunakan untuk menyusun scoring/ rating, diskusi, penyelesaian studi kasus, praktek penyusunan mitigasi risiko, dll
• Untuk memudahkan penyerapan materi secara maksimal disarankan masing-masing peserta membawa lap top.

WHO SHOUD ATTEND? :
Adalah bagian/ analis risiko, analis kredit, marketing, adiministrasi kredit atau officer di bidang lain yang akan ditempatkan di bagian kredit/ analis risiko serta masyarakat umum yang berkeinginan mempelajari scoring/ rating

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 2 hari

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Januari 20245 – 6 Februari 20244 – 5 Maret 20241 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 202412 – 13 Februari 202412 – 13 Maret 202422 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 202419 – 20 Februari 202418 – 19 Maret 202429 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 202426 – 27 Februari 202425 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 September 20241 – 2 Oktober 20244 – 5 November 20242 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 20247 – 8 Oktober 202411 – 12 November 20249 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 202414 – 15 Oktober 202418 – 19 November 202416 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 202421 – 22 Oktober 202425 – 26 November 202423 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 202430 – 31 Desember 2024

INVESTATION PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified