PENYUSUNAN DAN ANALISA SCORING/ RATING

Silabus Training :
PENYUSUNAN DAN ANALISA SCORING/ RATING

OVERVIEW :
Bank masih mengandalkan bunga kredit sebagai pendapatan utama bank, sehingga dalam memberikan kreditnya dituntut untuk hati-hati dan prudent. Kredit yang diberikan selalu mengandung risiko yang tidak bisa dihilangkan namun dapat diminimalisir. Salah satu cara untuk melakukan pengurangan risiko adalah dengan menggunakan scoring dalam setiap pemberian kreditnya. Scoring ini hanya sebagai alat bantu saja dalam keputusan kredit sedangkan keputusan kreditnya berdasarkan Perangkat Analisa Kredit/ Nota Analisa Kredit berikut lampirannya.
Scoring merupakan model yang digunakan untuk memprediksi tingkat kemungkinan kegagalan pembayaran oleh (calon) debitur atas fasilitas kredit yang diterimanya dan sebagai alat bantu untuk menilai tingkat risiko nasabah.
Scoring ini sudah banyak dipakai oleh industri perbankan di Indonesia dan terbukti dapat mengurangi risiko dan menekan kredit Non Performing Loan (NPL).
Pelatihan ditekankan pada bagaimana cara memahami dan menyusun scoring/ rating secara effektif sehingga peserta dapat memperkirakan risiko kredit yang diusulkan.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
a. Pengertian, manfaat dan tujuan pembuatan scoring/ rating
• Penyusunan initial rating (pembahasan analisa risiko pada aspek manajemen, marketing, keuangan dll)
• Penyusunan Costomer Risk Rating (merupakan hasil initial rating setelah disesuaikan dengan tunggakan pokok dan/ atau bunga)
• Penyusunan Costomer Credit rating (merupakan hasil costomer risk rating setelah disesuaikan dengan besarnya jaminan)
• Pembahasan kaitan hasil scoring dengan kolektibilitas kredit
b. Pembahasan parameter scoring dan analisa risiko untuk :
• Kredit usaha
• Kredit kontraktor
• Standby Loan
c. Proses scoring untuk mengurangi risiko

TRAINING METHOD :
• Dari waktu yang tersedia, sebanyak 40 % digunakan untuk pembahasan materi dan sisanya sebanyak 60% digunakan untuk menyusun scoring/ rating, diskusi, penyelesaian studi kasus, praktek penyusunan mitigasi risiko, dll
• Untuk memudahkan penyerapan materi secara maksimal disarankan masing-masing peserta membawa lap top.

WHO SHOUD ATTEND? :
Adalah bagian/ analis risiko, analis kredit, marketing, adiministrasi kredit atau officer di bidang lain yang akan ditempatkan di bagian kredit/ analis risiko serta masyarakat umum yang berkeinginan mempelajari scoring/ rating

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 2 hari

TRAINING TIME :

Januari 2024 Februari 2024 Maret 2024 April 2024
3 – 4 Januari 2024 5 – 6 Februari 2024 4 – 5 Maret 2024 1 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 2024 12 – 13 Februari 2024 12 – 13 Maret 2024 22 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 2024 19 – 20 Februari 2024 18 – 19 Maret 2024 29 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 2024 26 – 27 Februari 2024 25 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024 Juni 2024 Juli 2024 Agustus 2024
6 – 7 Mei 2024 3 – 4 Juni 2024 1 – 2 Juli 2024 5 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 2024 10 – 11 Juni 2024 8 – 9 Juli 2024 12 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 2024 19 – 20 Juni 2024 15 – 16 Juli 2024 19 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 2024 24 – 25 Juni 2024 22 – 23 Juli 2024 26 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024 Oktober 2024 November 2024 Desember 2024
2 – 3 September 2024 1 – 2 Oktober 2024 4 – 5 November 2024 2 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 2024 7 – 8 Oktober 2024 11 – 12 November 2024 9 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 2024 14 – 15 Oktober 2024 18 – 19 November 2024 16 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 2024 21 – 22 Oktober 2024 25 – 26 November 2024 23 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 2024 30 – 31 Desember 2024

INVESTATION PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified