PROFESSIONAL SALESMANSHIP (SS)

Silabus Training:
PROFESSIONAL SALESMANSHIP (SS)

POKOK BAHASAN:
Program pelatihan salesmanship mempersiapkan peserta untuk memiliki pemahaman dan kemampuan menjual produk maupun jasa. Untuk itu pemahaman salesman terhadap kebutuhan pembeli dan kemampuan memberikan solusi merupakan kunci dari keberhasilan seorang salesman, karena paradigma keberhasilan seorang salesman saat ini bukan hanya kemampuan melakukan transaksi penjualan saja. Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, menangkap peluang dan meningkatkan nilai merupakan suatu ketrampilan yang perlu dimiliki salesman dalam menghadapi tantangan persaingan yang semakin ketat. Dalam pelatihan ini peserta akan dilatih bagaimana menganalisis pelanggan, presentasi dan negosiasi secara efektif melalui metode role playing, meningatkan nilai kepada pelanggan dan menanggapi komplain.

GAMBARAN UMUM:
Pelatihan ini dikembangkan dengan metode tutorial, diskusi kasus up to date dan praktek simulasi. Metode ini sangat sesuai baik untuk pimpinan maupun staff organisasi, karena materi dalam penelitian ini merupakan topik aktual dan digunakan contoh kasus kontekstual sehingga perserta pelatihan mudah memahami.

TUJUAN PELATIHAN:
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan memiliki:
1. Memahami peran seorang salesman sebagai salah satu kunci keberhasilan organisasi
2. Kemampuan perencanaan penjualan
3. Kemampuan proses penjualan
4. Kemampuan melayani pelanggan berkesinambungan

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Memahami konsep dasar salesmanship
a. Prinsip-prinsip salesmanship
b. Peranan salesmanship
c. Karakter salesman yang berhasil
2. Dimensi salesmanship
a. Products
b. Customers
c. Competitors
3. Merubah paradigma salesman menjadi konsultan
a. Manajemen diri
b. Kemauan untuk belajar
c. Pengetahuan
d. Ambisi
e. Kepribadian
f. Percaya diri
g. Karakter
4. Psikologi jual beli
a. Penjualan
b. Pembelian
5. Proses penjualan
a. Prospecting
b. Approach
c. Survey
d. Proposal
e. Demonstration
f. Close
g. Installation
6. Menciptakan Nilai Pelanggan
a. Model Nilai Pelanggan
b. Taktik Perencanaan
c. Versality
d. Perilaku Pelanggan
7. Kemampuan persuasif
a. Pengertian persuasif
b. Teknik persuasif
c. Memahami prospect
8. Negosiasi
a. Pengertian Negosiasi
b. Komponen Negosiaso
c. Proses Negosiasi
d. Tipe Negosiasi
e. Konsep negosiasi
f. Perilaku Negosiasi
g. Tahapan Negosiasi
h. Taktik Negosiasi
9. Menangani keluhan
Berbagai cara menangani keluhan
10. Kepuasan Pelanggan
Menciptakan kepuasan pelanggan
11. Mempertahankan pelanggan
Berbagai teknik mempertahankan pelanggan

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor