PROJECT QUALITY MANAGEMENT

Training Syllabus:
PROJECT QUALITY MANAGEMENT

TRAINING OVERVIEW:
Mengelola kualitas pada proyek Anda berarti bahwa Anda harus terlebih dahulu memahami harapan kualitas tertentu dari pelanggan Anda dan kemudian menempatkan rencana proaktif untuk memenuhi harapan tersebut. “Rencana proaktif ” berisi sejumlah elemen – yang paling penting adalah kegiatan kontrol kualitas (Quality Control) dan jaminan kualitas (Quality Assurance) yang perlu dilakukan .
Kontrol kualitas (QC) dan jaminan kualitas adalah konsep penting , namun sebagian besar manajer proyek hanya memiliki pemahaman yang masih samar-samar tentang makna dan perbedaan antara istilah-istilah ini .
Kontrol kualitas (QC) merujuk ke kegiatan yang terkait dengan kualitas ketika membuat project deliverables. Kontrol kualitas digunakan untuk memverifikasi bahwa kualitas dari deliverables dapat diterima, lengkap, dan benar. Contoh kegiatan Quality Control termasuk deliverable peer review dan proses pengujian (Testing Process).
Jaminan Kualitas (QA) mengacu pada proses yang digunakan untuk membuat deliverable , dan dapat dilakukan oleh seorang manajer , klien , atau bahkan third party reviewer. Contoh jaminan kualitas termasuk checklist proses dan audit proyek. Jika proyek Anda akan diaudit , misalnya , auditor mungkin tidak dapat memberitahukan apakah isi dari deliverable tertentu dapat diterima (quality control). Namun, auditor seharusnya mampu memberitahukan apakah deliverables tampaknya dapat diterima berdasarkan pada proses yang digunakan untuk membuat deliverable tersebut (Quality Assurance). Itulah sebabnya auditor proyek dapat melakukan review jaminan kualitas pada proyek Anda , bahkan jika mereka tidak tahu secara spesifik apa yang Anda deliver.. Mereka tidak tahu proyek Anda , tapi mereka tahu seperti apakah proses yang baik itu

TRAINING OBJECTIVES:
Setelah menyelesaikan pelatihan ini , peserta akan dapat
• Memahami pentingnya manajemen mutu proyek untuk produk teknologi informasi dan layanan teknologi informasi
• Mendefinisikan manajemen mutu proyek dan memahami bagaimana kualitas berkaitan dengan berbagai aspek proyek
• Menggambarkan perencanaan kualitas dan kaitannya dengan lingkup manajemen proyek
• Membahas pentingnya jaminan kualitas
• Membuat daftar tiga output dari proses kontrol kualitas
• Memahami tools dan tehnik untuk pengendalian kualitas, seperti analisis Pareto , sampling statistik , Six Sigma , grafik kontrol kualitas dan pengujian
• Menerapkan proses-proses yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa proyek akan memenuhi kebutuhan sebagaimana yang sudah disetujui.
• Melaksanakan semua kegiatan dari fungsi manajemen secara keseluruhan yang menentukan tujuan kebijakan mutu dan tanggung jawab
• Mengidentifikasi dan menggunakan kualitas dan produktivitas pengukuran dan tools perbaikan terus menerus (improvement)
• Mengidentifikasi standar kualitas termasuk ISO 9000

TRAINING MATERIAL OUTLINE:
HARI ke 1
1. Quality Control and Closure Project Quality
• What Is Quality?
• History of Modern Quality
• Project Quality Management

2. Planning Quality
• The Process of Planning Quality
• Systems Thinking in Planning Quality
• Role of Stakeholders in Quality
• Quality Requirements
• Quality Planning Tools

3. Exercises and Discussion

4. Hands-On Exercises (Part I)
• Illustrate the Importance of Quality
• Define Quality
• Define the At tributes of Qualaity
• Distinguish Between Quality and Grade
• Propose a Quality Program f or Your Workplace
• Identify Quality in the Triple Constraint

HARI ke 2
1. Performing Quality Assurance
• The Process of Perf orming Quality Assurance
• Process Analysis Tools
• Quality Assurance as Part of the Critical Path

2. Exercises and Discussion

3. Hands-On Exercises (Part II)
• Develop a Quality Management Plan
• Determine the Impact of Quality Assurance Activities on the Critical Path
• Select Quality Assurance Tools
• Perform a Stakeholder AnalysisCase Studies
• Identify Positive and Negative Risks for Your Project
• Prioritize Requirements

HARI ke 3
1. Performing Quality Control
• The Process of Perf orming Quality Control
• Measurement and Tracking Tools
• Problem Solving and Decision Making
• Using Quality Assurance and Control Tools
• Quality Control and Closure
2. Exercises and Discussion
3. Hands-On Exercises (Part III)
• Create a Pareto Chart
• Draw a Cause and Effect Diagram
• Plan and Performa Quality Audit
Group Presentation
Overall Discussion

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor