SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)

Silabus Training:
SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)

INTRODUCTION :
Supply Chain (SC) dapat didefinisikan sebagai sekumpulan aktifitas (dalam bentuk entitas/fasilitas) yang terlibat dalam proses transformasi dan distribusi barang mulai dari bahan baku paling awal dari alam sampai produk jadi pada konsumen akhir. Menyimak dari definisi ini, maka suatu supply chain terdiri dari perusahaan yang mengangkat bahan baku dari bumi/alam, perusahaan yang mentransformasikan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau komponen, supplier bahan-bahan pendukung produk, perusahaan perakitan, distributor, dan retailer yang menjual barang tersebut ke konsumen akhir. Dengan definisi ini tidak jarang supply chain juga banyak diasosiasikan dengan suatu jaringan value adding activities. Posisi perusahaan dalam berbagai supply chain dimana ia beroperasi bisa berlainan.
Dalam suatu supply chain terdapat tiga macam aliran utama, yaitu aliran produk, uang dan informasi. Pengelolaan dan sinkronisasi ketiga aliran inilah yang menjadi ruh dan jiwa dari supply chain management (SCM). Semua perusahaan memerlukan sesuatu yang sangat ekonomis guna melakukan kegiatan memproduksi untuk memperoleh keuntungan. Untuk mencapai keinginan tersebut, kelancaran arus material yang diperlukan pasti melibatkan lebih dari satu rantai pasokan. Faktor kritis dalam rantai pasokan yang efisien adalah pembelian, karena tugas pembeliaan untuk menyeleksi pemasok (berikut materialnya) dan kemudian membangun hubungan yang saling menguntungkan. Tanpa pemasok yang baik dan tanpa pembelian yang memadai, rantai pasokan tidak akan memiliki peran untuk kondisi pasar pada masa seperti sekarang ini.

TRAINING OBJECTIVE & BENEFIT :
1. Peserta pelatihan mampu menjelaskan mengenai area cakupan SCM
2. Peserta pelatihan mampu mengimplementasikan strategi SC.
3. Peserta pelatihan mampu melakukan perancangan produk baru dalam persfektif SCM
4. Peserta pelatihan mampu mengelola persediaan pada SC.
5. Peserta pelatihan mampu melakukan manajemen pengadaan.
6. Peserta pelatihan mampu melakukan manajemen transportasi dan distribusi
7. Peserta pelatihan mampu melakukan pengukuran kinerja SC.

TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. Konsep SC dan SCM
2. Aktivitas-aktivitas SCM
3. Strategi SC (Definisi strategi SC, Tujuan strategi SC, Decopling point)
4. Pengukuran Kinerja SC (Manfaat pengukuran kinerja SC, Cara pengukuran kinerja SC)
5. Manajemen Pengadaan (Tujuan dan prinsip pengadaan, Strategi pengadaan, Proses pembelian, Cara pemilihan pemasok, Pengendalian pemasok).
6. Pengendalian Persediaan (Pengertian persediaan, Fungsi persediaan, Biaya persediaan, EOQ, Safety stock, Reorder point)
7. Pengelolaan Gudang (Fungsi gudang, Jenis gudang, tata letak gudang, Peralatan dan perlengkapan gudang, Penerimaan barang, Pemeliharaan barang)
8. Distribusi (Fungsi saluran distribusi, Struktur saluran distribusi, strategi saluran distribusi, Distribusi yang efektif dan efisien).
9. Pengelolaan Transportasi Barang (Peran transportasi dalam SC, Macam-macam moda transportasi, Strategi-atrategi dan taktik pemenuhan kebutuhan transportasi dan pengelolaan transportasi)

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor