Silabus Training:
PROJECT FEASIBILITY STUDY
INTRODUCTION :
Training ini berisi pembahasan tentang penilaian kelayakan suatu proyek dalam organisasi bisnis. Tujuannya untuk mempelajari kelayakan proyek secara mendalam dan seksama. Berbagai aktivitas yang akan dikerjakan dalam proyek di masa mendatang akan dievaluasi untuk melihat atau mengetahui tingkat kelayakan laba yang mungkin akan diperoleh. Pengkajian yang dilakukan bersifat menyeluruh dan membahas segala aspek kelayakan proyek atau investasi. Materi yang dipelajari dimulai dari memantau peluang, melihat keperluan, pengkajian pendahuluan, kerangkan acuan, dan studi kelayakan.
TRAINING OBJECTIVE & BENEFIT :
1. Memberikan pemahaman tentang komponen-komponen yang mengurangi dan menunjang pencapaian tujuan suatu proyek,
2. Menunjukkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap komponen-komponen tersebut,
3. Menunjukkan perhitungan dan cara perhitungan tertentu yang dipakai,
4. Menunjukkan penilaian proyek dari beberapa aspek.
5. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mempunyai kemampuan untuk menganalisis kelayakan suatu bisnis atau usaha dilihat dari berbagai aspek.
TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. Tinjauan umum studi kelayakan proyek (definisi studi kelayakan proyek, pentingnya investasi, tujuan dilakukan studi kelayakan, perbedaan intensitas studi kelayakan, manfaat studi kelayakan, tahapan studi kelayakan bisnis, aspek-aspek studi kelayakan)
2. Aspek pasar dan pemasaran (definisi pasar, definisi permintaan dan penawaran, bentuk pasar, mengukur dan meramal permintaan, segmentasi pasar, menetapkan pasar sasaran, menentukan posisi pasar, sikap konsumen, perilaku konsumen, kepuasan konsumen, analisis persaingan, bauran pemasaran produk barang dan jasa, manajemen pemasaran)
3. Aspek teknis (asalah manajemen operasional, pemilihan strategi produksi, pemilihan dan perencanaan produk, perencanaan kualitas, pemilihan teknologi, rencana kapasitas produksi, perencanaan letak pabrik, perencanaan tataletak, perencanaan jumlah produksi, manajemen persediaan, pengawasan kualitas produk)
4. Aspek manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian)
5. Aspek sumberdaya manusia (perencanaan SDM, analisis pekerjaan, rekrutmen, seleksi, dan orientasi, produktivitas, pelatihan dan pengembangan, prestasi kerja, kompensasi, perencanaan karir, keselamatan dan kesehatan kerja, pemberhentian)
6. Aspek keuangan (mengenalisis kebutuhan dana dan aliran kas, menghitung biaya modal, menghitung berbagai metode penilaian investasi)
7. Aspek ekonomi, sosial, dan politik (sisi rencana pembangunan nasional, sisi distribusi nilai tambah, sisi nilai investasi per tenaga kerja, hambatan di bidang ekonomi, dukungan pemerintah, aspek sosial, aspek politik)
8. Aspek lingkungan industri (ancaman masuk pendatang baru, persaingan sesama perusahaan dalam industri, ancaman dari produk pengganti, kekuatan tawar-menawar pembeli, kekuatan tawar-menawar pemasok, pengaruh kekuatan stakeholder lainnya)
9. Aspek yuridis (bentuk badan usaha, identitas pelaksana bisnis, lokasi bisnis, waktu pelaksanaan bisnis, cara pelaksanaan bisnis, peraturan dan perundangan)
10. Aspek lingkungan hidup (pentingnya AMDAL, peraturan dan perundangan AMDAL)
11. Laporan studi kelayakan proyek (format laporan studi kelayakan proyek, dan penyusunan laporan studi kelayakan proyek.)
VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
TRAINING DURATION : 3 days
TRAINING TIME :
Januari 2025 | Februari 2025 | Maret 2025 | April 2025 |
2 - 4 Januari 2025 | 3 - 5 Februari 2025 | 3 - 5 Maret 2025 | 7 - 9 April 2025 |
6 - 8 Januari 2025 | 10 - 12 Februari 2025 | 10 - 12 Maret 2025 | 14 - 16 April 2025 |
13 - 15 Januari 2025 | 17 - 19 Februari 2025 | 17 - 19 Maret 2025 | 21 - 23 April 2025 |
20 - 22 Januari 2025 | 24 - 26 Februari 2025 | 28 - 30 April 2025 | |
27 - 29 Januari 2025 | |||
Mei 2025 | Juni 2025 | Juli 2025 | Agustus 2025 |
5 - 7 Mei 2025 | 2 - 4 Juni 2025 | 1 - 3 Juli 2025 | 4 - 6 Agustus 2025 |
12 - 14 Mei 2025 | 9 - 11 Juni 2025 | 7 - 9 Juli 2025 | 11 - 13 Agustus 2025 |
19 - 21 Mei 2025 | 16 - 18 Juni 2025 | 14 - 16 Juli 2025 | 18 - 20 Agustus 2025 |
26 - 28 Mei 2025 | 23 - 25 Juni 2025 | 21 - 23 Juli 2025 | 25 - 27 Agustus 2025 |
28 - 30 Juli 2025 | |||
September 2025 | Oktober 2025 | November 2025 | Desember 2025 |
1 - 3 September 2025 | 6 - 8 Oktober 2025 | 3 - 5 November 2025 | 1 - 3 Desember 2025 |
8 - 10 September 2025 | 13 - 15 Oktober 2025 | 10 - 12 November 2025 | 8 - 10 Desember 2025 |
15 - 17 September 2025 | 20 - 22 Oktober 2025 | 17 - 19 November 2025 | 15 - 17 Desember 2025 |
22 - 24 September 2025 | 27 - 29 Oktober 2025 | 24 - 26 November 2025 | 22 - 24 Desember 2025 |
29 Sep - 1 Okt 2025 | 29 - 31 Desember 2025 |
INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor