TRAINING NEEDS ANALYSIS WHICH COMPREHENSIVE AND EFFECTIVE

Silabus Training :
TRAINING NEEDS ANALYSIS WHICH COMPREHENSIVE AND EFFECTIVE

TRAINING INTRODUCTION :
Semua organisasi atau perusahaan umumnya selalu didorong untuk berpacu dalam kompetisi yang ketat, sehingga harus selalu memelihara dan meningkatkan kompetensi utamanya. Tak dapat dipungkiri, program pelatihan merupakan salah satu pendekatan utama dalam pengembangan SDM, yang mempunyai peran strategis terhadap keberhasilan operasional perusahaan di satu sisi, dan keberhasilan karir karyawan di sisi yang lain.
Kemampuan seseorang untuk dipekerjakan sangat tergantung bagaimana ia mengembangkan skill-nya agar dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan sebuah jabatan, yang seringkali terus berkembang mengikuti perkembangan perusahaan dan dinamika persaingan. Pelatihan yang tepat akan membantu mengatasi kesenjangan ini.
Karena hal tersebut di atas, diperlukan kegiatan analisa pelatihan yang komprehensif agar dapat merumuskan program pelatihan yang benar-benar tepat sasaran. Komprehensif karena harus dapat menjawab segala kebutuhan perusahaan. TNA (Training Needs Analysis) yang komprehensif akan dapat mengindentifikasi secara tepat siapa, apa, kapan, bagaimana, dan berapa lama suatu pelatihan, sehingga dapat menurunkan biaya pelatihan yang tidak perlu, sekaligus menjamin efektifitasnya untuk pelatihan yang memang benar-benar diperlukan.
Pada pelatihan ini selain diberikan materi utama, peserta training juga akan diberikan pengetahuan tambahan tentang pembuatan dan penggunaan Levels of Training Evaluation, yang dapat menentukan apakah hasil training yang sudah dijalankan sudah sesuai dengan hasil dari TNA-nya atau belum sesuai dengan yang diharapkan.

TRAINING OBJECTIVE :
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :
1. Memahami pengertian dan tujuan TNA yang komprehensif dan effective.
2. Mengetahui dan memahami posisi TNA di dalam kerangka BADDIE dalam pengelolaan training.
3. Memahami fungsi-fungsi dari setiap komponen di dalam kerangka BADDIE.
4. Mengetahui sumber informasi untuk kebutuhan pelatihan, baik berkaitan dari aspek organisasi, pekerjaan dan orang/individu.
5. Mengetahui factor-faktor penting di dalam TNA.
6. Mengetahui 4 (empat) level kebutuhan pelatihan dari organisasi.
7. Memahami 2 (dua) jenis TNA dengan tujuannya masing-masing serta ilustrasi dari Performance Relationship Map dengan point-point yang menjadi gap analysisnya..
8. Memahami pengertian core competency dan functional competency.
9. Memahami penggunaan matrix competency dengan pengukuran dan pengisian gap analysisnya.
10. Mengetahui dan memahami faktor – faktor yang dapat membuat pekerja perform atau tidak perform.
11. Memahami langkah-langkah dalam melaksanakan TNA dengan sejumlah metodologinya.
12. Membuat dan menggunakan formulir TNA yang meliputi aspek-aspek Knowledge, Skills & Attitude (KRA) dengan bobot nilai perbaikannya.
13. Mengetahui tahapan-tahapan implementasi training dan point-point feedback untuk evaluasi training tersebut.
14. Memahami pembuatan dan penggunaan form-form evaluasi training dari level 1 s/d 4.
15. Memahami semua materi training dengan melakukan simulasi / role play.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Pengertian dan tujuan yang komprehensif dan effective.
2. Posisi TNA di dalam kerangka BADDIE dalam pengelolaan training.
3. Fungsi-fungsi dari setiap komponen di dalam kerangka BADDIE.
4. Sumber informasi untuk kebutuhan pelatihan dari aspek organisasi, pekerjaan & orang/individu
5. Faktor -faktor penting di dalam TNA.
6. 4 (empat) level kebutuhan pelatihan dari organisasi.
7. 2 (dua) jenis TNA dengan tujuannya masing-masing
8. ilustrasi Performance Relationship Map dengan point-point yang menjadi gap analysisnya..
9. Definisi core competency dan functional competency.
10. Penggunaan matrix competency dengan pengukuran dan pengisian gap analysisnya.
11. Faktor – faktor yang dapat membuat pekerja perform atau tidak perform.
12. Langkah-langkah dalam melaksanakan TNA.
13. Metodologi TNA yang umum digunakan.
14. Formulir TNA yang meliputi aspek Knowledge dengan bobot nilai perbaikannya.
15. Formulir TNA yang meliputi aspek Skills dengan bobot nilai perbaikannya.
16. Formulir TNA yang meliputi aspek Attitude dengan bobot nilai perbaikannya.
17. Tahapan-tahapan implementasi training
18. Point-point feedback untuk evaluasi training.
19. Penggunaan form-form evaluasi training dari level 1 s/d 4.
20. Simulasi / role play.

TRAINING METHOD :
1) 30% Theory
2) 70% Practices
3) Dynamic and interactive training presentation
4) Simulation or Role Play

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 4.550.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified