WORKLOAD ANALYSIS IMPLEMENTATION WITH EXCEL 2007 FOR HR & NON HR

Silabus Training :
WORKLOAD ANALYSIS IMPLEMENTATION WITH EXCEL 2007 FOR HR & NON HR

TRAINING INTRODUCTION :
Salah satu titik kritis dan strategis dalam sistem pengukuran sumber daya manusia adalah menyangkut pengukuran tentang beban kerja.
Beban kerja mampu mempengaruhi hasil kinerja tiap karyawan, unit kerja atau departemen maupun perusahaan.
Pembagian beban kerja pada setiap individu atau departemen akan mempengaruhi manpower planning, sehingga berpengaruh pula dalam recruitment baik internal maupun eksternal dan akhirnya pada corporate planning.
Demikian strategisnya fungsi analisa beban kerja (workload analysis), maka diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang memberikan pemahaman dan keterampilan kepada staff atau leader pada departemen human resources khususnya dan secara umum memberikan pemahaman kepada staff atau leader pada departemen lainnya agar dapat membantu dalam menganalisis beban kerja secara komprehensif, tahap demi tahap, mulai dari persiapan, pengolahan data sampai dengan penyajian laporannya. Apabila hal tersebut dikerjakan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2007, maka akan didapatkan informasi akurat dan cepat dengan cara yang mudah.

TRAINING OBJECTIVE :
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :
1. Memahami frame work dari workload analysis baik ditinjau dari metode pendekatan data kuantitatif maupun pendekatan data kualitatif.
2. Memahami sejumlah indicator perlunya dilakukan workload analysis.
3. Menggunakan form kuesioner untuk menemukan indicator utama.
4. Memahami main data sources untuk workload analysis process.
5. Memahami teknik pengumpulan data yang diperlukan untuk workload analysis.
6. Memahami pembuatan dan penggunaan Work System Tools : Workload Chart, Workflow Chart, Work Layout Chart & Work Process Chart.
7. Mengetahui pengukuran waktu kerja untuk mendapatkan tingkat efektifitas dan efisiensi kerja berdasarkan metode pendekatan data kuantitatif.
8. Melakukan perhitungan workload analysis berdasarkan data kuantitatif dan data kualitatif.
9. Menghitung Employee absenteeism rate dan Employee Turnover Rate sebagai komponen data kualitatif yang diperlukan untuk memprediksi kebutuhan jumlah karyawan dalam unit kerja.
10. Membuat rekomendasi prediksi kebutuhan jumlah karyawan, rekomendasi pemenuhan level kompetensi karyawan dan rekomendasi perubahan struktur organisasi (jika sangat diperlukan) dalam unit kerja yang sudah dianalisa beban kerjanya.
11. Melakukan perhitungan secara komprehensif baik dalam soal latihan ataupun dalam soal penyelesaian studi kasus workload analysis yang terintegrasi dengan menggunakan aplikasi Excel 2007 Macro (*.XLSM).

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Understanding of the workload analysis of a variety of credible sources.
2. Understanding of the workload, the working volume and norms of the time.
3. Understanding of job information concept.
4. Workload Analysis Framework for the approach of quantitative data.
5. Workload Analysis Framework for the approach of qualitative data.
6. Understanding of standard of work performance and existence unit result.
7. Know the techniques of data collection needed for workload analysis.
8. Using & Implementation of Work System Tools : Workload Chart, Workflow Chart, Work Layout Chart & Work Process Chart.
9. Using a questionnaire form as one way of getting qualitative data.
10. Perform measurements of time working with the method of Time Study.
11. Knowing of Motion Study Concept.
12. Knowing of Work Simplification Concept.
13. Knowing of Effective Organization Structured.
14. Knowing the Improvement of Competency Grades.
15. Calculating workload analysis based on quantitative and qualitative data.
16. Data processing to get the Employee absenteeism percentage rate based on attendance data by using Excel 2007.
17. Data processing to get a percentage of Employee Turnover Rate by using Microsoft Excel 2007.
18. Simulation Practice and in accordance with the Structured Organization and Job Information in each work unit,
19. The data processing practices to get the information needs of the number of employees in the unit of work using Microsoft Excel 2007.
20. The calculation of the completion of the case study application workload analysis using Excel 2007 Macro (*. XLSM).

TRAINING METHOD :
1) 30% Theory
2) 70% Practices
3) Dynamic and interactive training presentation
4) Simulation or Role Play

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 4.500.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified