ASSERTIVE COMMUNICATION SKILLS

Training Syllabus:
ASSERTIVE COMMUNICATION SKILLS

OVERVIEW:
Komunikasi berasal dari kata to commute yang berarti “sama”. Ini artinya berkomunikasi adalah suatu usaha untuk menyamakan persepsi, pendapat, atau pun ide. Walau pun sepertinya mudah, berkomunikasi untuk menguasai orang lain ternyata membutuhkan ketrampilan tersendiri. Bagaimana caranya untuk dapat berkomunikasi dan memuaskan semua pihak yang disebut sebagai assertive skill in communication. Alangkah indahnya apa bila setiap Anda berkomunikasi dengan orang lain, terutama di dunia kerja, Anda dapat menyampaikan ide, pendapat, atau persepsi Anda dan menyenangkan setiap pihak yang diajak berkomunikasi. Berkomunikasi dengan asertif akan sangat meningkatkan efektivitas dan dan dapat diharapkan berdampak positif terhadap hasil komunikasi itu sendiri. Diperlukan ketrampilan khusus agar seseorang terbiasa melakukan komunikasi asertif pada saat yang tepat. Untuk ini pula dibutuhkan kemampuan menyimak/ mendengar aktif yang mencukupi sebagai bagian dari komunikasi asertif

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Proses Komunikasi
2. Tiga Prinsip Dasar dalam Membangun Komunikasi yang Efektif
3. Unsur 3 V Dalam komunikasi
4. Baby Eyes Method
5. Building blocks yang menghambat seseorang untuk berkomunikasi dengan baik
6. Struktur content dalam komunikasi: mengajukan pertanyaan, mengajukan keberatan, menyampaikan masukan.
7. Menggunakan body language dalam komunikasi
8. Memahami body language orag lain.
9. Mengenal karakter orang lain dan trik pendekatan
10. Ketrampilan mendengarkan empatik menyimak dan bahasa tubuh
11. Menangani keluhan
12. Memahami ketrampilan mengirim dan menerima pesan
13. Ketrampilan berkomunikasi yang komunikatif
14. Manfaat ketrampilan berkomunikasi asertif
15. Melatih penggunaan teknik komunikasi asertif
16. Melatih cara menyampaikan bahasa verbal dan non verbal yang sesuai
17. Ketrampilan berkomunikasi efektif dengan atasan
18. Cara mengaplikasikan assertiveness di tempat kerja
19. Ketrampilan memberikan instruksi dan umpan balik

PESERTA: Staf, Supervisor, Manager

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 Januari 20245 Februari 20244 Maret 20241 April 2024
8 Januari 202412 Februari 202412 Maret 202422 April 2024
15 Januari 202419 Februari 202418 Maret 202429 April 2024
22 Januari 202426 Februari 202425 Maret 2024
29 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 Mei 20243 Juni 20241 Juli 20245 Agustus 2024
13 Mei 202410 Juni 20248 Juli 202412 Agustus 2024
20 Mei 202419 Juni 202415 Juli 202419 Agustus 2024
27 Mei 202424 Juni 202422 Juli 202426 Agustus 2024
29 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 September 20241 Oktober 20244 November 20242 Desember 2024
9 September 20247 Oktober 202411 November 20249 Desember 2024
16 September 202414 Oktober 202418 November 202416 Desember 2024
23 September 202421 Oktober 202425 November 202423 Desember 2024
28 Oktober 202430 Desember 2024

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor