EFFECTIVE IMPLEMENTATION OF WORKLOAD ANALYSIS WITH SOP & EXCEL

Silabus Training :

EFFECTIVE IMPLEMENTATION OF WORKLOAD ANALYSIS WITH SOP & EXCEL

 

INTRODUCTION :

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu aset penting dalam perusahaan, karena dibutuhkan dan dilibatkan dalam berbagai proses bisnis perusahaan, di mana SDM tersebut nantinya akan ditempatkan dalam suatu jabatan, unit kerja ataupun divisi yang diperlukan. Salah satu titik kritis dan strategis dalam sistem pengukuran SDM adalah menyangkut tentang pengukuran analisis beban kerja yang terdapat dalam setiap kegiatannya. Karena beban kerja mampu mempengaruhi hasil kinerja tiap karyawan, unit kerja atau departemen maupun perusahaan. Pembagian beban kerja pada setiap individu atau departemen akan mempengaruhi manpower planning, sehingga berpengaruh pula dalam recruitment baik internal maupun eksternal dan akhirnya pada corporate planning. Demikian strategisnya fungsi analisa beban kerja, maka diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang memberikan pemahaman dan keterampilan kepada staff atau leader pada departemen HR khususnya dan Non HR umumnya, agar dapat membantu dalam menganalisis beban kerja karyawan secara komprehensif, tahap demi tahap, mulai dari persiapan, pengolahan data sampai dengan penyajian laporannya. Apabila hal tersebut dikerjakan dengan menggunakan SOP (Standard Operating Procedure) dan aplikasi Excel yang umum ada dan digunakan pada setiap komputer karyawan, akan akan memberikan informasi yang efektif dengan cara yang mudah dan dalam waktu yang singkat.

 

TRAINING OBJECTIVES                               

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :

  1. Memahami pengertian analisis beban kerja
  2. Memahami pengertian data kuantitatif dan kualitatif dalam analisis beban kerja dengan contohnya.
  3. Mengetahui manfaat analisis beban kerja
  4. Mengetahui empat (5) faktor dalam analisis beban kerja.
  5. Lima (5) Teknik pengumpulan data dalam pelaksanaan dalam analisis beban kerja.
  6. Mengetahui tiga (3) pendekatan dalam melakukan analisis beban kerja
  7. Mengetahui fungsi empat (4) bagan kerja (Work Chart) dalam melakukan analisis beban kerja.
  8. Memahami analisis beban kerja berdasarkan SOP ( Standard Operating Procedure)
  9. Mengetahui cara menghitung analisis beban kerja
  10. Melakukan perhitungan analisis beban kerja berdasarkan data kuantitatif dan data kualitatif.
  11. Melakukan perhitungan secara komprehensif pada soal-soal penyelesaian studi kasus workload analysis yang terintegrasi dengan menggunakan aplikasi Excel.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING :

  1. Pengertian analisis beban kerja
  2. Pengertian data kuantitatif dalam analisis beban kerja dengan contohnya.
  3. Pengertian data kualitatif dalam analisis beban kerja dengan contohnya.
  4. Manfaat analisis beban kerja
  5. Empat (5) faktor dalam analisis beban kerja.
  • Jam Kerja Efektif
  • Waktu Kerja
  • Volume Kerja
  • Beban Kerja
  • Waktu penyesuaian dan kelonggaran
  1. Lima (5) Teknik pengumpulan data dalam pelaksanaan dalam analisis beban kerja :
  • Membuat Daftar Pertanyaan ( Form Kuesioner )
  • Melakukan proses wawancara
  • Observasi proses kerja langsung dengan menggunakan metode :
  • Time Study,
  • Motion Study
  • Work Simplification.
  • Menggunakan data referensi dan
  • Menggunakan gabungan beberapa cara.
  1. Tiga (3) pendekatan dalam melakukan analisis beban kerja :
  • Pendekatan Administratif
  • Pendekatan Organisasi
  • Pendekatan Analisis Jabatan
  1. Empat (4) bagan kerja (Work Chart) dalam melakukan analisis beban kerja :
  • Bagan Beban Kerja (Workload Chart)
  • Bagan Aliran Kerja (WorkFlow Chart)
  • Bagan Layout Kerja (WorkLayout Chart)
  • Bagan Proses Kerja (WorkProcess Chart)
  1. Memahami analisis beban kerja berdasarkan SOP ( Standard Operating Procedure)
  2. Cara Menghitung Analisis Beban Kerja
  3. Perhitungan analisis beban kerja berdasarkan data kuantitatif dan data kualitatif.
  4. Penyelesaian studi kasus perhitungan analisis beban kerja dengan menggunakan aplikasi Excel.

 

TRAINING METHOD :

  • 30% Theory
  • 70% Practices
  • Case Study for WLA Quantitative and WLA Qualitative.
  • Dynamic and interactive training presentation

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

 

HARGA INVESTASI/PESERTA : 

  1. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 4.500.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified