fbpx

TAHAPAN DAN METODE PENYUSUNAN AMDAL

Training Syllabus:

TAHAPAN DAN METODE PENYUSUNAN AMDAL

 

INTRODUCTION :

AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan) merupakan kajian dampak positif dan negatif suatu rencana kegiatan/ proyek, yang digunakan oleh pemerintah dalam memutuskan apakah suatu kegiatan/proyek tersebut layak atau tidak layak lingkungan. Rencana kegiatan dinyatakan tidak layak bagi lingkungan apabila hasil kajian AMDAL menunjukkan bahwa dampak negatif yang timbulkan oleh proyek tersebut tidak dapat ditanggulangi oleh teknologi yang tersedia. Selain itu, jika biaya yang diperlukan untuk menanggulangi dampak negatif lebih besar daripada manfaat dari dampak positif yang akan diperoleh, maka rencana kegiatan tersebut juga dinyatakan tidak layak lingkungan. Dimana apabila suatu rencana kegiatan yang diputuskan tidak layak lingkungan, maka kegiatan/ proyek tersebut tidak dapat dilanjutkan pembangunannya.

 

TRAINING OBJECTIVE & BENEFIT :

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :

  • Memahami kebijakan Nasional Pembangunan Lingkungan Hidup dan landasan perundang-undangan AMDAL,
  • Memahami dampak lingkungan pembangunan,
  • Memahami metode pelingkupan, penapisan, identifikasi, prakiraan dan evaluasi dampak lingkungan.
  • Memahami tahapan penerapan metode, teknik pengumpulan data serta analisis data komponen Lingkungan
  • Memahami tahapan dan teknik penyusunan dokumen AMDAL (KA, ANDAL, RKL dan RPL).
  • Meningkatkan kemampuan problem solving terkait dengan penyusunan AMDAL

 

TRAINING MATERIAL OUTLINE :

  1. Kebijakan pembangunan lingkungan hidup, Tata ruang, Hukum lingkungan
  2. Ilmu lingkungan / komponen lingkungan dalam AMDAL
  3. Prosedur AMDAL
  4. Wajib AMDAL, Dokumen AMDAL, dan Prosedur AMDAL
  5. Tata cara dan Waktu pelaksanaan AMDAL
  6. Metode identifikasi, prakiraan dan evaluasi dampak
  7. Dampak pembangunan terhadap komponen lingkungan
  8. Tahapan dan strategi penanganan dampak pembangunan terhadap komponen lingkungan
  9. Metode dan teknik pengumpulan dan analisa data
  10. Teknik pengelolaan dan pemantauan lingkungan
  11. Tahapan dan Proses Penyusunan AMDA004C
  12. Penyusunan draft dokumen KA-ANDAL, ANDAL, RKL dan RPL
  13. Presentasi hasil penyusunan dokumen
  14. Studi kasus dan diskusi

 

WHO SHOULD ATTEND?

Akademisi, praktisi, profesional di bidang lingkungan, yang berminat mengembangkan AMDAL Affair/ Complaince Manager

 

TRAINING METHODE :

  • Presentasi
    ·         Diskusi  dan Tanya Jawab
    ·         Studi kasus
    ·         Brainstorming
    ·         Praktek

 

 

VENUE :   Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

TRAINING DURATION :  3 days

 

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

 

 

INVESTMENT PRICE/PERSON :

  1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
  2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor