Training Syllabus:
TAHAPAN DAN METODE PENYUSUNAN AMDAL
INTRODUCTION :
AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan) merupakan kajian dampak positif dan negatif suatu rencana kegiatan/ proyek, yang digunakan oleh pemerintah dalam memutuskan apakah suatu kegiatan/proyek tersebut layak atau tidak layak lingkungan. Rencana kegiatan dinyatakan tidak layak bagi lingkungan apabila hasil kajian AMDAL menunjukkan bahwa dampak negatif yang timbulkan oleh proyek tersebut tidak dapat ditanggulangi oleh teknologi yang tersedia. Selain itu, jika biaya yang diperlukan untuk menanggulangi dampak negatif lebih besar daripada manfaat dari dampak positif yang akan diperoleh, maka rencana kegiatan tersebut juga dinyatakan tidak layak lingkungan. Dimana apabila suatu rencana kegiatan yang diputuskan tidak layak lingkungan, maka kegiatan/ proyek tersebut tidak dapat dilanjutkan pembangunannya.
TRAINING OBJECTIVE & BENEFIT :
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :
- Memahami kebijakan Nasional Pembangunan Lingkungan Hidup dan landasan perundang-undangan AMDAL,
- Memahami dampak lingkungan pembangunan,
- Memahami metode pelingkupan, penapisan, identifikasi, prakiraan dan evaluasi dampak lingkungan.
- Memahami tahapan penerapan metode, teknik pengumpulan data serta analisis data komponen Lingkungan
- Memahami tahapan dan teknik penyusunan dokumen AMDAL (KA, ANDAL, RKL dan RPL).
- Meningkatkan kemampuan problem solving terkait dengan penyusunan AMDAL
TRAINING MATERIAL OUTLINE :
- Kebijakan pembangunan lingkungan hidup, Tata ruang, Hukum lingkungan
- Ilmu lingkungan / komponen lingkungan dalam AMDAL
- Prosedur AMDAL
- Wajib AMDAL, Dokumen AMDAL, dan Prosedur AMDAL
- Tata cara dan Waktu pelaksanaan AMDAL
- Metode identifikasi, prakiraan dan evaluasi dampak
- Dampak pembangunan terhadap komponen lingkungan
- Tahapan dan strategi penanganan dampak pembangunan terhadap komponen lingkungan
- Metode dan teknik pengumpulan dan analisa data
- Teknik pengelolaan dan pemantauan lingkungan
- Tahapan dan Proses Penyusunan AMDA004C
- Penyusunan draft dokumen KA-ANDAL, ANDAL, RKL dan RPL
- Presentasi hasil penyusunan dokumen
- Studi kasus dan diskusi
WHO SHOULD ATTEND?
Akademisi, praktisi, profesional di bidang lingkungan, yang berminat mengembangkan AMDAL Affair/ Complaince Manager
TRAINING METHODE :
- Presentasi
· Diskusi dan Tanya Jawab
· Studi kasus
· Brainstorming
· Praktek
VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
TRAINING DURATION : 3 days
TRAINING TIME :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 5 Januari 2024 | 5 – 7 Februari 2024 | 4 – 6 Maret 2024 | 1 – 3 April 2024 |
8 – 10 Januari 2024 | 12 – 14 Februari 2024 | 12 – 14 Maret 2024 | 22 – 24 April 2024 |
15 – 17 Januari 2024 | 19 – 21 Februari 2024 | 18 – 20 Maret 2024 | 29 April – 1 Mei 2024 |
22 – 24 Januari 2024 | 26 – 28 Februari 2024 | 25 – 27 Maret 2024 | |
29 – 31 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 8 Mei 2024 | 3 – 5 Juni 2024 | 1 – 3 Juli 2024 | 5 – 7 Agustus 2024 |
13 – 15 Mei 2024 | 10 – 12 Juni 2024 | 8 – 10 Juli 2024 | 12 – 14 Agustus 2024 |
20 – 22 Mei 2024 | 19 – 21 Juni 2024 | 15 – 17 Juli 2024 | 19 – 21 Agustus 2024 |
27 – 29 Mei 2024 | 24 – 26 Juni 2024 | 22 – 24 Juli 2024 | 26 – 28 Agustus 2024 |
29 – 31 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 4 September 2024 | 1 – 3 Oktober 2024 | 4 – 6 November 2024 | 2 – 4 Desember 2024 |
9 – 11 September 2024 | 7 – 9 Oktober 2024 | 11 – 13 November 2024 | 9 – 11 Desember 2024 |
16 – 18 September 2024 | 14 – 16 Oktober 2024 | 18 – 20 November 2024 | 16 – 18 Desember 2024 |
23 – 25 September 2024 | 21 – 23 Oktober 2024 | 25 – 27 November 2024 | 26 – 28 Desember 2024 |
28 – 30 Oktober 2024 |
INVESTMENT PRICE/PERSON :
- Rp. 6.500.000/person (full fare) or
- Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
- Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
- Training Module
- Flash Disk contains training material
- Certificate
- Stationeries: NoteBook and Ballpoint
- T-Shirt
- Backpack
- Training Photo
- Training room with Full AC facilities and multimedia
- Lunch and twice coffeebreak every day of training
- Qualified Instructor